KUA KALIBAGOR

6/recent/ticker-posts

Advertisement

Responsive Advertisement

Contoh Gedung KUA yang Layak


Clik ! Catat, Ini Contoh Gedung KUA yang Layak dan Manusiawi!

Catat, Ini Contoh Gedung KUA yang Layak dan Manusiawi!

  • Friday, 29 January 2016 | 08:27
  • Sigit Kamseno
  • berita






Solo, bimasislamDalam sambutan selamat datang saat upacara peresmian 16 KUA yang dibiayai oleh dana SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) atau sukuk di kantor KUA Banjarsari Solo (28/1), Kepala Kantor Kemenag Kota Surakarta, Umar Salim, mengatakan bahwa kantor KUA Banjarsari ini sangat megah. Sepertinya bangunan semegah ini bukan kantor KUA karena lebih bagus dari kantor Kemenag sendiri.

“Gedung ini sangat bagus dan layak. Sepertinya bukan gedung KUA. Dengan bangunan yang representatif ini menjadi pendorong agar KUA dapat meningkatkan layanannya,” ujarnya.

Dalam pengamatan bimasislam, gedung KUA Banjarsari Kota Surakarta ini memang nampak sangat megah. Dibangun di atas lahan sekitar 600 M2, bangunan warna hijau ini sangat mencolok dibandingkan dengan bangunan sebelahnya. Area bangunan yang sangat luas ini menjadikan kantor layanan publik paling depan di lingkungan Kemenag RI ini terasa nyaman.

Dilihat dari kelengkapan ruangannya sudah sangat mencukupi. Saat kita akan memasuki gedung ini, maka kita akan melihat struktur bangunan yang kokoh, halaman yang luas, dan bentuk bangunan seperti gedung swasta umumnya dengan pintu kaca yang transparan.

Saat masyarakat masuk gedung ini akan menemui ruang tamu denga meja front office yang luas. Dengan dua kursi yang disediakan bagi petugas penerima tamu, masyarakat akan merasa nyaman karena berada di ruang yang cukup luas dan bersih. Demikian juga tersedia ruang Balai Nikahnya berada di sebelah kiri depan, dengan interior pencahayaan yang bagus dengan luas yang cukup. Sementara bagian kanan depan diperuntukkan ruang kepala KUA.

Lanjut ke belakang terdapat ruang khusus untuk penyuluh agama yang mampu menampung sekitar 4 atau 5 penyuluh. Dilengkapi dengan ruang penyimpanan dokumen, pantri dan juga toilet. Disamping kiri tersedia lahan parkir yang cukup, dan di sebelah kanan terdapat lahan untuk ditanami pohon atau bunga taman untuk memperindah gedung KUADengan gambaran ini maka KUA Banjarsari sudah dapat dikkategorikan sebagai kantor KUA yang telah memenuhi standar layanan.

Dalam salah satu isi sambutannya, Dirjen Bimas Islam yang diwakili oleh direktur Urais dan Binsyar, Mukhtar Ali, berpesan agar penghuni kantor ini dapat merawat dengan baik, agar tetap terjaga kebersihannya, terjaga manfaatnya.

“Dengan gedung yang bagus dan representatif seperti ini harus kita rawat dan jaga. Banyak dari kita yang mampu membangun, membuat, tetapi tidak mampu menjaganya dengan baik, sehingga kemanfaatannya menjadi berkurang. Tolong jaga amanah ini untuk kebaikan kita bersama,” pesannya. (thobib-tomo/bimasislam).
- See more at: http://bimasislam.kemenag.go.id/post/berita/catat-ini-contoh-gedung-kua-yang-layak-dan-manusiawi#sthash.ibVBtW6f.dpuf

Posting Komentar

0 Komentar